The Amazing Chia Seeds

ChiaSeeds

Mungkin selama ini Anda sering kenal nama flaxseed, yang dikenal sebagi salah satu sumber lemak omega-3 yang kaya dengan serat dan antioksidan… nah sekarang ada biji-bijian yang dipromosikan sebagai superfood baru, yang beberapa lipat kali lebih “sakti” dari Felxseed, ia adalah Chia seed.

Manfaat kesehatan dari Chia Seeds
Chia Seeds mengandung:
– 8x Omega 3 dibandingkan Salmon
– 41% serat yang dibutuhkan tubuh
– 6x kalsium dibandingkan susu
– 32% kebutuhan magnesium, lebih tinggi dibandingkan brokoli
– 6x zat besi dibandingkan bayam
– 64% potassium lebih tinggi dibandingkan pisang
– Glutten free dan low GI
– antioksidan
– lebih banyak serat dan memiliki kalsium lebih dibanding Flax Seed.

Chia seed berasal dari Amerika Latin. Chia seed mengandung banyak serat, protein dan antioksidan. Chia seed juga mempunyai lebih banyak kadar lemak sehat. Manfaatnya antara lain dapat menjaga kondisi jantung tetap sehat, mendukung pergerakan sendi, mempelancar metabolisme, juga bebas Gluten!

Chia seed tidak memiliki rasa, tapi ternyata amat berguna di dapur. Selain menambah nutrisi, Chia seed memberikan tekstur kasar yang baik untuk memanggang roti dan kue, Chia juga dapat dikonsumsi bersama mentega dan dapat dicampur dengan cairan waktu membuat smoothie. Jika diaduk dalam segelas air putih atau air kelapa dan dibiarkan selama beberapa menit, Chia seed akan mengembang seperti selasih.

Nicky Arthur, seorang guru yoga yang berbasis di Sydney, menulis buku “Cooking with Chia” agar lebih banyak orang dapat lebih menikmakti Chia seed: bukunya menunjukkan bagaimana memeras Chia seed menjadi selai, membuat lumpia Vietnam hingga cokelat truffle.

Gunakan setengah cangkir air untuk satu sendok makan Chia seed – atau sendok besar jika Anda ingin konsistensi lebih kental, maka Chia seed dapat gigunakan sebagai pengganti telur dalam kue; Ketika dicampur dengan air, Chia seed akan berubah jadi seperti konsistensi telur yang bagus untuk bahan pengikat.

Jika Anda khawatir dengan lemak dalam biji (menyebabkan kelebihan lemak omega-6 yang merugikan tubuh seperti analisa beberapa penemuan terkini), ingatlah bahwa makan biji-bijian secara utuh itu berbeda dengan mengkonsumsi minyak dari biji-bijian. “Jika Anda menyantap makanan secara keseluruhan, Anda akan mendapatkan paket nutrisi dan serat – bukan hanya minyak olahan, “kata Caroline Trickey, ahli gizi yang juga dari Sydney.

Menurut Frederique Nault , dokter naturopathy asal Perancis yang berpraktek di Bali dan Jakarta, Chia seed merupakan salah satu bahan detox yang baik bagi kliennya. Karena Chia seed dapat mengikat dan membawa keluar toxin2 yang ada di empedu dan usus.

Para peneliti telah membuktikan bahwa Chia Seeds adalah diet yang baik untuk atlit karena sifat hydrophilic alami yang tinggi. Chia Seeds dapat menyerap sekitar delapan kali air dari beratnya. Penggunaan Chia Seeds dicampur dengan air matang membantu tubuh untuk penyerapan yang lebih baik. Para ilmuwan sangat percaya bahwa Chia Seeds baik untuk pasien diabetes karena memperlambat pembakaran kalori karbohidrat menjadi glukosa. Sebuah asupan rutin dapat mengurangi tingkat gula darah dalam tubuh dan Chia Seeds sebagai pilihan konsumsi rutin mereka. Mengkonsumsi Chia Seeds dalam diet Anda sehari-hari tidak hanya membantu Anda untuk mengurangi berat badan tetapi juga mengontrol masalah lain seperti tekanan darah tinggi dan gula.

Chia Seeds dan Diabetes
Setiap penderita diabetes pasti mengetahui tentang Chia Seeds, karena hanya itu adalah pilihan herbal terbaik untuk mengontrol gula darah. Chia Seeds mengandung jumlah tinggi Asam Lemak Omega-3 yang sangat penting bagi tubuh kita. Tubuh kita tidak bisa memproduksi itu maka perlu diperoleh dari makanan eksternal. Asam ini penting untuk fungsi yang tepat dari otak dan perkembangannya. Tiga jenis Omega 3 asam: Alfa-Linolenic Acid, Dokosaheksaenoat Acid dan Eicosapentaenoic Acid membantu tubuh manusia untuk mengurangi tekanan darah dan penyakit jantung terkait.

Protein tinggi dan isi lemak dalam Chia Seeds juga salah satu dari banyak alasan mengapa Chia Seeds sangat membantu bagi pasien diabetes.
Chia Seeds sangat efektif untuk penderita diabetes seperti kontrol kadar gula darah dalam tubuh kita
Jika Anda menderita kadar gula tinggi dalam darah Anda maka Anda perlu diet Chia Seeds.

Chia Seeds dan Berat Badan
Chia Seeds mengandung persentase yang tinggi dari Omega 3 Fatty Acid dan volume tinggi serat di dalamnya serta kaya vitamin dan mineral lainnya
Hal terbaik tentang Chia Seeds adalah tidak memiliki rasa apapun dan dapat digunakan dimana saja dan dapat dikonsumsi dengan apa pun. Anda dapat mengkonsumsi Chia Seeds dengan salad, smoothies atau makanan ringan. Jika Anda mengkonsumsi Chia Seeds secara teratur, dapat membantu Anda menurunkan berat badan.
Hal terbaik lainnya tentang Chia Seeds adalah dapat menyerap air. Chia Seeds dapat menyerap sampai delapan porsi air dari beratnya. Diet Chia Seeds sangat mudah karena Anda cukup mengambil sejumlah kecil Chia Seeds dicampur dengan air matang yang akan membantu tubuh Anda untuk mengeluarkan racun.
Diet Chia Seeds secara rutin tidak hanya membantu dalam mengurangi berat badan tetapi juga dapat membantu Anda untuk menjaga kadar gula darah.

Resep olahan Chia Seed yang dibuat menjadi Chia Pudding Parfait:
– 1/3 Cup Chia Seeds
– 1 Cup of Vanilla Nut Milk (Almond, Soy, Coconut, Rice, Hemp…)
– 2 Teaspoons of Agave or Maple Syrup
– 1/2 Teaspoon of Vanilla Extract
– Optional: 1/2 Teaspoon of Almond Extract
– Your favorite toppings

Dari berbagai sumber:
http://www.vegan.com/videos/chia-pudding/
http://sehatindonesia.com/kolum/2/makan–diet/84/-chia-seed-bijibijian-kecil-bermanfaat-besar
http://archive.kaskus.co.id/thread/13150567/0/healthy-food—diet-food—chia-seeds-100-natural

Advertisements

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: